Video Heli Jatuh di Pondok Cabe

MAT Bloger uring-uringan sejak pagi. Setiap kali layar monitor komputernya berganti halaman depan sebuah situs, dia misuh-misuh sambil menggeleng-gelengkan kepala. “Semprul, aku tertipu lagi,” teriak Mat Bloger.

Karena penasaran, saya pun bertanya. “Ada apa Mat, dari tadi kok mengumpat-umpat nggak keruan?”

“Ini lo, Mas. Saya sedang mencari cuplikan video kecelakaan helikopter di Pondok Cabe. Kata teman-teman, ada orang yang sempat mengabadikan kecelakaan itu, lalu mengunggahnya ke sebuah blog. Saya jadi penasaran pengen lihat juga. Eh, la, kok, yang keluar malah halaman-halaman situs dan blog yang nggak ada hubungannya dengan insiden itu. Halaman terakhir yang saya buka malah hanya berisi iklan daring.”

“Ha-ha-ha…,” saya tergelak. “Itu artinya sampean kena linkbaiting, Mat.”

“Halah. Apa itu, Mas?”

“Itu taktik memancing untuk menuai kunjungan. Pengunjung diberi umpan, biasanya dalam bentuk judul yang menggoda, dan terkait dengan berita yang sedang dicari orang. Misalnya, ‘Cuplikan Video Kecelakaan Helikopter di Pondok Cabe, ‘Foto Telanjang Artis X’ dan ‘Video 3gp Hot Anak SMP Ndiwek’, ‘Heboh Foto Mesum Aliran Sesat Kebagusan’, dan sebagainya.

Linkbaiting bertujuan menarik perhatian pengunjung yang memang sedang mencari kabar terbaru mengenai sebuah peristiwa hangat agar mengklik alamat situs/blog terkait. Padahal isi blog atau situs itu belum tentu sesuai dengan judul. Seperti kasus yang sampean temui itu.

Begitu sampean klik alamat situs/blog itu dan baca isinya, ternyata yang muncul hanya cuplikan video kecelakaan helikopter di tempat lain, bukan di Pondok Cabe. Sampean yang semula membayangkan bakal mendapat tayangan seru pun tertipu.

Linkbaiting adalah salah satu jurus dalam ilmu SEO (search engine optimization). Taktik ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan pengunjung mencari sesuatu lewat mesin pencari, seperti Google. Optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.

Dengan trik SEO, seseorang ingin menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Linkbaiting itu praktek yang lazim di Internet dan ranah blog. Sampean nggak usah terlalu gusar, Mat. Taktik semacam ini sebenarnya sah-sah saja asal bukan dengan tujuan benar-benar menipu pembaca. Guru-guru ilmu blog sering mengajarkan jurus ini kepada para newbie yang ingin beroleh kiat jitu menaikkan traffic.

Di ranah blog, sedikitnya ada tujuh jenis linkbaiting, yakni:

Menyerang, contoh judulnya: ‘Jangan Percaya Megawati Soekarnoputri’
Lucu, contoh: ‘Kumpulan Humor SBY’
Melawan, contoh: ‘Tujuh Alasan Mengapa Saya Benci Obama’
Iming-iming, contoh: ‘Intim Sehari Bersama Luna Maya’
Informatif, contoh: ‘Video Kecelakaan Helikopter di Pondok Cabe’
Mengelus ego, contoh: ‘Sri Sultan Gagah, Layak Jadi Presiden’
Referensi: ‘Panduan Merawat Sejuta Blog’

Menurut saya, taktik linkbaiting ini bukan soal bagus atau buruk. Terpuji atau harus dicaci. Layak dipraktekkan atau dibuang saja. Ini sekadar upaya pemilik situs atau blog mempopulerkan diri. Semuanya dipulangkan kepada sampean.

Pada akhirnya, pembacalah yang akan menentukan apakah sebuah posting benar-benar bermanfaat atau tidak, setelah teperdaya oleh judulnya. Di tangan sampeanlah keputusan akan terus mengikuti: tulisan atau berhenti saat ini juga.”

Iklan
Video Heli Jatuh di Pondok Cabe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s