Menjaring Uang Lewat Blog

Salah satu godaan terbesar yang membuat Mat Bloger bersemangat ngeblog adalah uang. Ini gara-gara teman-temannya mengiming-imingi dia bakal gampang mendulang dolar atau rupiah lewat blog dengan trik dan tip tertentu. Sayang seribu sayang, justru taktik itulah yang tak dipahaminya.

“Makanya Mas, saya bertanya ke sampean. Bagaimana cara meraup duit lewat blog?” tanya Mat Bloger tanpa tedeng aling-aling.

Saya menghela napas panjang sebelum menjawab pertanyaan itu. Motivasi orang membangun blog memang bermacam-macam, di antaranya untuk mencari uang, ya seperti Mat Bloger itu.

Rupiah atau dolar adalah pancingan yang sulit ditepis para blogger. Ini memang sah-sah saja. Toh, tak melanggar aturan atau salah, tapi caranya tidak segampang kita membuka mulut.

“Begini, Mat. Ada banyak cara meraup dana lewat blog. Cara yang terpopuler tentu saja lewat iklan. Untuk mendapatkan advertensi, sampean harus mengikuti program periklanan daring (online), seperti AdSense, afiliasi, ulasan berbayar, iklan langsung, dan sebagainya.”

“Bisa dijelaskan satu-satu, Mas?”

“Adsense adalah program periklanan daring Google. Program ini dianggap sebagai sebuah model bisnis paling praktis dan diminati para blogger. Sampean tinggal mendaftar ke Google untuk mendapatkan account dan kode yang harus dipasang di blog.

Setelah kode terpasang, secara otomatis Google akan menampilkan iklan yang sesuai dengan tema blog. Pemilik blog akan mendapatkan bayaran dari Google untuk setiap iklan yang diklik pengunjung berdasarkan hitungan tertentu.

Google mempunyai aturan keras yang harus dipatuhi. Adsense (kecuali fasilitas pencari Google), misalnya, tak boleh dipasang di blog berbahasa Indonesia. Pelanggaran aturan ini akan membuat account seseorang dibatalkan. Iklan Adsense yang terus-terusan diklik dari Internet protocol (IP) yang sama, juga akan dianggap fraud oleh Google. Ujung-ujungnya Google akan memblokir Adsense si pelanggar tanpa konfirmasi atau menyelidikinya terlebih dulu.”

“Kalau afiliasi itu apa, Mas?”

“Itu metode periklanan dengan menggunakan program afiliasi (affiliate programs). Lewat program ini, sampean akan mendapat komisi dari produk atau layanan yang terjual via blog. Sampean tinggal mencari atau memilih situs penyedia program yang bagus dan populer, misalnya Text Link Ads.

Situs ini memungkinkan pengiklan membeli tautan (link) dan blogger menjual tautannya. Kalau sampean me-refer publisher atau pengiklan yang sudah disetujui, sampean akan diberi US$ 25.

Sampean juga bisa mendapat bayaran dari perusahaan yang sedang memasarkan produk atau layanan barunya dengan cara membuat ulasan produk dan layanan tersebut. Cara ini dikenal sebagai ulasan berbayar. Besar-kecilnya upah bergantung pada tawar-menawar kedua belah pihak, produsen dan blogger.

Yang paling asyik itu kalau sampean mendapatkan iklan langsung dari sebuah perusahaan. Ada banyak perusahaan yang mau memasang banner iklan di blog dengan bayaran tertentu. Tapi syaratnya tak mudah. Mereka biasanya menilai apakah blog sampean dianggap terkenal, punya pengunjung rutin, mempengaruhi opini publik, dan sebagainya. Memangnya blog sampean ada yang baca, Mat?”

“Woh, semprul!”

Iklan
Menjaring Uang Lewat Blog

8 pemikiran pada “Menjaring Uang Lewat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s