Menjadi Blogger Gaul

Meski sudah berbulan-bulan ngeblog, Mat Bloger masih merasa ada yang kurang. Dia menganggap jurnal pribadinya itu belum cukup dikenal blogger lain. Jumlah rekannya sesama blogger pun tak bertambah. Padahal ia sudah cukup berusaha, misalnya mengunjungi blog kawan-kawan sekantornya.

“Apa sebabnya, Mas?” tanya Mat Bloger penasaran.

“Sampean kurang gaul, sih, Mat,” saya berkomentar.

“Kurang gaul bagaimana, Mas? Saya sudah blog walking ke mana-mana lo, sudah meninggalkan komentar di blog teman-teman kantor. Kurang apa lagi?”

“Banyak, Mat,” jawab saya.

“Misalnya?”

Saya lalu menjelaskan kepada Mat Bloger bahwa blog sebagai jurnal pribadi itu pada dasarnya berfungsi menjadi media sosial. Ia menjadi tempat seseorang menjalin relasi dengan orang lain. Anak muda sekarang menyebutnya sebagai tempat gaul. Hubungan bisa terbentuk secara daring (online) maupun tatap muka langsung atawa kopdar (kopi darat).

Relasi daring terjadi ketika seorang blogger membuat posting dan pengunjung memberikan komentar di bawah posting itu. Komentar itu akan menjadi semacam papan pengumuman tentang siapa dan di mana alamat blog pemberi komentar. Yang menerima komentar biasanya lalu balas mengunjungi blogger pemberi komentar. Pengunjung yang lainnya pun akan tergoda mengklik tautan (link) bila menemukan sosok blogger baru di kolom komentar.

Dari situlah terjadi efek berantai. Terjadi saling kunjung dan memberi komentar antar-blogger. Saling berkunjung antarblog, memberi komentar, memang salah satu cara kita menyambung tali silaturahmi. Berkat komentar di blog, pintu perkawanan pun terbuka, dan ujung-ujungnya relasi daring terbentuk.

Memberi komentar itu juga melatih otak kita berpikir. Kita akan terbiasa membaca, merenungkan, dan meresapkan pendapat orang lain, lalu memberi respons. Dengan melihat banyaknya komentar yang masuk, kita jadi tahu jenis posting yang membetot perhatian pengunjung. Dari komentar seseorang, kita bahkan bisa mendapatkan ide posting baru. Komentar orang memberi kita peluang mengembangkan sebuah tulisan baru, dengan sudut pandang berbeda.

Berkomentar saja tidak cukup. Apalagi kalau hanya berkomentar di blog yang itu-itu lagi. Pergaulan kita jelas tak berkembang jika hanya datang ke blog atau kerumunan sosial yang sama terus. Luaskan cakrawala pergaulan ke delapan penjuru angin. Sebisa mungkin, berikanlah komentar ke blog-blog yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Bergaullah ke berbagai komunitas. Keluarlah dari zona nyaman. Jangan hanya melihat dan berkomentar di blog tertentu. Di luar sana, saya percaya ada ribuan blog lain yang bagus dan inspiring.

Dengan cara ini, kita tak hanya akan mendapatkan sesuatu yang segar, tapi juga membentuk jaringan baru. Semakin sering kita menjelajah ke blog-blog baru, ke wilayah sosial yang belum pernah kita datangi sebelumnya, kemungkinan besar kita juga akan mendapatkan ide, pendapat, teman, juga kerumunan sosial baru. Kita bakal beroleh sudut pandang, cakrawala, juga pencerahan yang berbeda.

“Pada akhirnya, ngeblog itu bukan hanya percakapan dengan diri sendiri, tempat membuang sampah pribadi. Blog itu ruang komunikasi dan interaksi. Jadi bermainlah ke mana-mana, bergaullah dengan siapa saja, untuk melebarkan relasi, kecuali sampean memang hendak jadi katak dalam tempurung, Mat.”

Iklan
Menjadi Blogger Gaul

7 pemikiran pada “Menjadi Blogger Gaul

  1. setuju, pak. blog juga berfungsi sebagai alat interaksi. karena itu disediakan kolom blog wicaksono komentar.

    tapi jangan lantas asal tebar komen. komentar yang menarik (terutama berkaitan erat dengan isi potingan, tidak oot) tentu akan menuai banyak kunjungan balik ketimbang sekedar bilang,
    “pertamax”,
    “selamat”, atau
    “makan2”

    betul?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s