Posting Terus di Posterous

Tak biasanya wajah Mat Bloger terlihat lesu. Duduk termangu di mejanya, matanya menatap kosong layar monitor. Karena kasihan, saya pun mendekatinya. “Sampean melamun, Mat? Ada apa?” tanya saya.

“Eh, si Mas. Iya nih, saya lagi bingung,” jawabnya.

“Kenapa?”

“Komputer saya rusak, notebook saya juga. Mungkin karena terlalu sering saya pakai, 24 jam sehari, 7 hari sepekan. Saya jadi nggak bisa ngeblog.”

“Loh, nggak usah khawatir, Mat. Kalau hanya mau ngeblog, sampean kan masih punya telepon genggam canggih. Bisa buat mengirim e-mail, kan?”

“Bisa. Lalu?”

“Nah, ngeblog saja pakai handphone di Posterous,” saya menyarankan.

“Posterous? Apa itu, Mas? Apa bedanya dengan pos kilat?”

“Hush, ngawur! Posterous (http://posterous.com) adalah layanan blog hosting yang relatif baru, Mat. Layanan blog minimalis ini dibangun oleh para perancang web di New York. Berbeda dengan layanan blog hosting lainnya, Posterous mengkhususkan diri melayani pengiriman posting melalui e-mail. Layanan ini cocok untuk para mobile blogger, pemakai peranti genggam, seperti PDA, SmartPhone, iPhone, atau BlackBerry.”

“Apa bedanya dengan blog-blog berbasis WordPress atau Blogspot, Mas? Kita kan juga bisa mengirim posting lewat e-mail ke sana,” tanya Mat Bloger, penasaran.

“Betul, tapi ada sedikit bedanya. Seperti namanya, semua pemilik blog di Posterous bisa posting terus lewat e-mail ke satu alamat saja, yakni post@posterous.com. Sampean bisa melampirkan dokumen sampiran apa pun, teks, foto, audio, atau video, baik yang berformat .doc, .jpg, .gif, .ppt, .pdf, .png, maupun .mp3. Subyek pada e-mail akan menjadi judul posting, dan isi e-mail menjadi isi posting. Sedangkan dokumen sampiran secara otomatis akan muncul di bagian bawah setiap posting.”

“Bagaimana dia akan membedakan e-mail itu kiriman saya, sampean, atau blogger lain, Mas?”

“Begini, Mat. Posterous ini sangat keren. Kalau baru pertama kali, sampean bahkan ndak perlu sign-up. Cukup kirim e-mail pendaftaran saja ke post@posterous.com. Selanjutnya, secara otomatis dia akan membuatkan satu blog. Sampean tinggal melakukan verifikasi e-mail yang sudah didaftarkan tadi. Setelah blog tercipta dan sampean sudah melakukan verifikasi e-mail, sampean tinggal mengirim e-mail lagi jika hendak membuat posting baru. Begitu seterusnya. Berdasarkan alamat e-mail yang kita berikan itulah dia akan meneruskan setiap posting ke blog sampean masing-masing di Posterous. Dan, ndak mungkin salah alamat. Sampean bisa ngeblog terus, kapan saja, di mana saja.

Tentu saja sampean tetap dapat mendaftar dan membuat posting langsung lewat web seperti biasanya. Setiap posting bisa dikomentari di halaman yang sama, persis blog di WordPress. Sampean bahkan diberi kesempatan membuat jaringan pertemanan dengan fitur subscribe [RSS].

Hanya saja, Posterous memiliki beberapa kekurangan. Dia tak menyediakan pilihan theme blog. Sampean juga ndak bisa mengutak-atik kode HTML atau CSS di Posterous. Jadi, harap maklum bila desain semua blog yang numpang di sana seragam.”

“Layanan Posterous itu gratis, Mas?”

“Buat sampean yang suka barang gratisan, tentu saja layanan itu nggak perlu bayar, Mat.”

“Semprul, sampean malah meledek.”

Kami tertawa dan Mat Bloger pun mendapatkan keceriaannya lagi.

Iklan
Posting Terus di Posterous

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s