Asyiknya Blog Partisipasi

Tiada hari tanpa ngeblog bagi Mat Bloger. Dari waktu ke waktu, kawan saya yang sudah keranjingan mengelola jurnal daring pribadi itu kian tekun dan terbenam di pusaran ranah blog. Setiap kali melihat, mendengar, atau membaca sesuatu, ia pasti segera membuka laptop dan menuliskan sebuah posting. Sesekali dia memotret demi melengkapi hasil tulisannya.

“Wah, tampaknya sampean sudah menikmati blog, ya, Mat?” saya bertanya.

“He-he-he… iya, Mas. Blog itu ternyata mengasyikkan, ya. Banyak yang lucu dan unik. Tapi, kalau saya perhatikan, mayoritas blog dan blogger itu egois, ya, Mas?” kata Mat.

“Kok egois?” tanya saya keheranan.

“La iya, Mas. Para blogger itu rata-rata membuat blog sendiri. Mereka juga mengurus dan mengisinya sendiri. Itu, kan, namanya egois, Mas.”

“Blog memang media pribadi, Mat. Ia dibuat dan dikelola oleh seseorang untuk orang lain, jadi bisa terkesan egois.”

“Ada nggak blog yang dibuat dan diurus ramai-ramai? Maksud saya, adakah blog yang hidup dan matinya ditentukan bukan hanya oleh si pemilik blog?”

“Banyak, Mat. Itu namanya blog partisipasi. Ini blog yang dibuat oleh seseorang, tapi siapa saja boleh ikut mengisinya melalui mekanisme submit. Sampean, misalnya, boleh ikut mengirim teks, foto, atau dua-duanya ke blog seperti itu. Jika sang pemilik mengizinkan, karya sampean pasti akan ditayangkan. Blog ini biasanya mengambil satu topik khusus, misalnya fotografi, desain, cerita pendek, dan sebagainya.”

“Ada contohnya nggak, Mas?”

“Kebetulan ada seorang teman yang baru saja membangun blog Mugue. Ini blog yang diniatkan sebagai tempat membahas tentang mug, cangkir, gelas, pokoknya alat minum di luar sedotan dan sendok. Menurut pembuatnya, Adminoto Kosen, blog itu dinamai Mugue karena orang sering berkata, ‘Ini mug gue!’ atau ‘Mana mug gue?’

Mas Adminoto mengatakan blog Mugue muncul setelah ia melihat dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di tempat kerja, ada banyak mug atau cangkir, bahkan setiap orang menjadikannya sebagai properti pribadi. Ia lalu menyimpulkan bahwa mug adalah bagian dari kebudayaan. Karena blog juga mengemban fungsi yang salah satunya adalah tempat berbagi, maka dibuatlah blog itu.

Kemunculan Mugue menambah jumlah blog partisipasi yang sudah ada, misalnya Pesan Lewat dan Cerita Kaos. Pesan Lewat adalah blog yang hanya memajang foto-foto tentang lukisan, grafiti, stiker, dan coretan lucu di bak truk, bus, angkot, dan kendaraan umum lain. Foto-foto itu dikirim oleh para pembacanya.

Sedangkan Cerita Kaos adalah blog yang memamerkan kaus-kaus milik pembacanya. Blog itu menganggap orang bisa saja mempunyai kaus yang sama, tapi cerita di balik kaus itu berbeda-beda. Alangkah indahnya jika kisah di balik sebuah kaus itu disampaikan kepada publik melalui blog. Kalau sampean punya kaus yang lucu, unik, dan berkesan, kirimkan saja foto beserta ceritanya ke sana.

Blog partisipasi memiliki beberapa kelebihan dibanding blog pribadi. Misalnya, karena dikerjakan oleh beberapa orang, corak dan gaya posting-nya lebih variatif dibanding blog pribadi. Dan, ini yang penting, orang lain merasa ikut dilibatkan. Ada partisipasi, sesuai dengan fitrah blog sebagai media sosial. Sampean juga mau bikin, Mat?”

“Mauuuu…”

Iklan
Asyiknya Blog Partisipasi

4 pemikiran pada “Asyiknya Blog Partisipasi

  1. Dibandingkan blog pribadi, menurut saya blog partisipatif juga lebih berpotensi untuk terkenal dan mendulang duit iklan. Bahkan di luar negeri, blog macam icanhascheezburger.com (yang isinya ‘cuma’ gambar2 kucing + caption lucu bikinan para pembaca) sudah sampai harus ditangani VIP hostingnya WordPress…yang berarti traffic mereka sudah setara dengan blognya CNN, New York Times, atau Dow Jones.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s