Blog Korporat

Setiap kali bertemu dengan bos-bos berbagai perusahaan, saya selalu bertanya, “Apakah perusahaan Anda sudah punya blog?”

Reaksi mereka nyaris sama. Setelah menggelengkan kepala, mereka selalu balik bertanya, “Apa itu blog? Mengapa perusahaan saya harus memiliki blog? Apa sih, manfaatnya untuk bisnis saya?” Beberapa di antara mereka menjawab, ya, tapi masih belum yakin akan pengaruh blog bagi kemajuan bisnis mereka.

Ini tak mengherankan. Jumlah perusahaan yang sudah nge-blog memang belum banyak. Riset menunjukkan hanya 5 persen perusahaan dalam daftar Fortune 500 yang sudah memiliki blog. Di Indonesia, susah sekali mencari data jumlah blog perusahaan.

Saya biasanya menjelaskan panjang kali lebar kepada mereka yang belum mengenal blog korporat, dan mengapa sebuah perusahaan perlu membuatnya. Blog perusahaan adalah media online yang dipakai dan dipublikasikan oleh sebuah perusahaan untuk meraih tujuan perusahaan tersebut. Ada tiga jenis blog perusahaan: internal, eksternal, dan blog chief executive officer (CEO).

Blog internal — biasanya diakses lewat Intranet — dibuat dan dibaca oleh karyawan. Ini semacam buletin internal konvensional. Blog ini umumnya dipakai sebagai media partisipasi karyawan dalam setiap isu. Bisa juga dimanfaatkan untuk ajang diskusi, menampung gagasan, dan mengumumkan sesuatu, misalnya jadwal rapat. Ini berguna terutama bila tempat karyawan bekerja terpisah-pisah di beberapa lokasi. Kelebihan blog dibanding mailing list internal adalah sifatnya yang interaktif.

Blog eksternal adalah media komunikasi antara karyawan atau juru bicara perusahaan dan publik, terutama konsumen mereka. Manajemen, misalnya, dapat memakainya untuk mengumumkan daftar produk-produk atau layanan baru — atau produk/layanan yang sudah habis masa edarnya. Ia juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menanggapi serta mengklarifikasi kritik dan isu yang tengah berkembang soal produk layanan atau kebijakan sebuah perusahaan.

Di beberapa perusahaan, semua posting untuk blog eksternal harus diperiksa terlebih dulu oleh pejabat yang berwenang sebelum dipublikasikan. Di beberapa tempat lain, pengunjung bebas mengomentari setiap posting, sebagian lagi menerapkan aturan komentar yang dimoderasi.

Dengan blog korporat, para pemasar akan menemukan pengguna setia produk mereka dan konsumen yang bisa mempengaruhi orang lain. Setelah itu, pemasar dapat memperlakukan mereka sebagai VIP, pemberi masukan, penguji produk, dan sebagainya.

Adapun blog CEO, meskipun masih terjadi perdebatan panjang, keberadaannya mulai dilirik. Di Indonesia, misalnya, saya tahu sedikitnya ada dua CEO yang memiliki blog pribadi, yakni CEO Cisco Indonesia Irfan Setiaputra dan CEO PT Puspa Intimedia Adrianto Gani.

Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang blog korporat di acara seminar Corporate Blogging yang akan diselenggarakan Tempo pada 21 Februari 2008 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat.

Iklan
Blog Korporat

5 pemikiran pada “Blog Korporat

  1. Kenalan mas Wicak, saya blogger baru. punya cita-cita mau membuat blog internal corporate, ya tujuannya supaya jalur informasi dan komunikasi lebih baik lagi sekalian memasyarakatkan kemajuan jaman ini. saya juga sedang dan terus memotivator rekan rekan utk memiliki personal blog. Nah kiat2nya apa ya supaya blog internal Corporate bisa sukses ?. (barangkali ada bocorannya sebelum saya ikut seminarnya TEMPO). tks mas

  2. tim kita sedang mewarnai dunia blog dengan info APBN.
    Supaya lewat blog masyarakat bisa mengaksis kompilasi info kebijakan fiskal.
    Mohon dukungannya.

    Thanks

  3. Rani berkata:

    Hai mas wicak, saya Rani, mahasiswa pasca Sains Manajemen SBM ITB. Dalam rangka persiapan tesis ni, sehubungan dgn minat saya untuk membahas CORPORATE BLOGGING, dimana/ kepada siapa saya bisa minta data korporat2 Indonesia yang telah mempunyai CORPORATE BLOG, khususnya untuk internal communication (Blog Internal) ya???

    MAKASI untuk infonya 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s