Membuat Posting yang Nendang

Bagaimana membuat posting yang “nendang”?

Begitulah pertanyaan beberapa kawan tentang kesulitan membuat tulisan yang memancing pengunjung datang ke blog mereka. Bukan hanya blogger pemula yang menemui kesulitan ini. Blogger kawakan pun tak jarang menjumpai masalah yang sama.

Pertanyaan itu sebetulnya sama saja dengan pertanyaan bagaimana menulis yang bagus. Jawabannya, ya, gampang-gampang susah. Tapi bukan tak mungkin hal itu dipelajari. Saya akan berbagi sedikit tip tentang bagaimana membuat posting yang “nendang”.

Pertama-tama tentu saja membuat judul yang dahsyat — alasan terpenting pengunjung tertarik dan membaca tulisan Anda. Tanpa judul yang menggoda dan memancing perhatian, pengunjung kemungkinan besar akan melewatkan isi tulisan berikutnya dan seluruh pekerjaan Anda sia-sia. Kecuali Anda memang sudah dikenal sebagai blogger kondang dan andal.

Judul itu penting karena statistik menunjukkan 8 dari 10 orang mula-mula memperhatikan judul posting, tapi hanya 2 dari 10 orang itu yang akan meneruskan membaca seluruh tulisan setelah itu. Judul yang kuat akan menentukan efektivitas seluruh tulisan. Makin menarik sebuah judul, makin besar kemungkinan pengunjung akan membacanya.

Untuk membuat judul yang unik dan memancing keingintahuan orang, Anda harus mengerahkan seluruh imajinasi. Kreatiflah. Bayangkanlah Anda menjadi pengunjung blog. Tanyailah diri Anda sendiri: apakah judul itu sudah menarik? Bila belum, ganti segera.

Judul sebaiknya dibuat lebih dulu karena ia semacam janji Anda kepada pembaca. Tugasnya memberi tahu manfaat yang hendak Anda berikan kepada pengunjung sebagai barter waktu mereka yang terbuang untuk membaca posting Anda. Janji itu pasti dibuat lebih dulu sebelum ditunaikan, bukan?

Menulis isi lebih dulu hanya akan membuat Anda berusaha menepati sesuatu yang belum Anda janjikan. Memenuhi janji yang belum Anda tetapkan lebih dulu juga lebih sulit dan cenderung menghasilkan judul yang “maksa”. Sebaliknya, dengan memikirkan judulnya dulu, membuat semacam janji, tulisan Anda akan lebih terfokus, terstruktur, dan renyah.

Setelah judul didapat, barulah Anda menuliskan kalimat berikutnya, pembukaan (lead). Ini bagian yang tak kalah penting dibanding judul. Kalimat pembuka yang memble setelah judul yang kuat ibarat mengundang orang masuk ke rumah, tapi lalu membenturkan wajahnya tepat di pintu. Karena itu, para penulis kawakan biasa berpikir seharian untuk mendapatkan kalimat pembuka yang juga “nendang”.

Anda bisa mencoba beberapa contoh, misalnya kalimat bertanya, seperti yang saya pakai di awal tulisan ini. Ini lead yang paling mudah. Pertanyaan akan memancing orang menemukan jawabannya di dalam tubuh tulisan.

Anekdot/lelucon atau kutipan juga bisa menjadi lead. Anekdot membuat orang tertawa. Kutipan — terutama dari orang terkenal — membuat pembaca tertarik. Anda juga bisa memilih lead yang mengajak pembaca membangun imajinasi. Misalnya kalimat ini, “Bayangkan sebuah malam di Kutub Utara. Angin mencubit kulit. Seorang perempuan telanjang.”

Analogi dan metafora juga bisa jadi lead yang atraktif. Begitu pula dengan cuplikan data atau statistik. Contohnya, “Dua dari tiga suami di Jakarta pernah selingkuh.”

Gampang kan membuat posting yang “nendang”?

>> Diskusi tentang topik ini bisa diikuti di blog sebelah.

Iklan
Membuat Posting yang Nendang

23 pemikiran pada “Membuat Posting yang Nendang

  1. plus ditambah bola sama gawang, hehehe 😆

    saya selalu kesulitan bikin judul, selalu isi yang di tulis duluan.

    makanya judul sama isi ga sinkron 😆

  2. sebagai informasi, ada banyak blog yang didedikasikan untuk membantu blogger lainnya :
    bloggingtips.com
    problogger.net
    dailyblogtips.com
    tinggal masukan saja ke rss reader kita. tiap hari datang deh masukan2 yang bagus. hehe.

  3. Kebetulan saya punya warnet dan berawal dari baca2 blog orang lain, akhirnya saya tertarik untuk bikin blog sendiri…biar gratisan tapi gapapalah….kesulitan saya pertama adalah apa yg mau saya tulis…dibacakah nanti sama orang…?
    Trima kasih tipsnya…saya jadi semangat ingin corat-coret…

  4. wah wah.. saya baca judulnya aja langsung membayangkan yang tidak-tidak 😀 benar-benar nendang hihihi…

    bayangan saya.. bikin postingan.. yang kalau orang klik postingan tersebut, keluar kaki dari monitor, dan menendang pembaca.
    wakakaka.. terlalu berimajinasi 😀

  5. Hehehe. Terima kasih atas masukannya.
    Moga2 saya nantinya bisa membuat blog yang “nendang” juga… Sementara ini masih menjadi blog yang “informatif” saja… Bravo. Tulisannya menarik.

    1. kepada Admin :

      saya ingin meminta tolong kepada admin, mohon di tampilkan alamat email dari account saya yang diatas. Karena saya berencana menutup account “redhe” yang diatas cuma lupa alamat email-nya. Mohon dengan sangat agar dibantu. Terima kasih……

  6. Ahhhh, kalo kata saya mah… Lebih bagus juga postingan yang NONJOK, secara, kalo nonjok yang tertohok duluan adalah perut…. kalo nendang doang, yang kena paling tinggi PANTAT situ toh, hakhakahkahakahak…

    semoga komentar ini juga nonjok situ yach…. pisssss 🙂

  7. enginueJems berkata:

    Tired of a competitor’s site? Hinder the enemy? Fed pioneers or copywriters?

    Kill their sites! How? We will help you in this!
    Obstructions of any site, portal, shop!

    Different types of attacks: Date-attack, Trash, Attack, Attack, etc. Intellectual
    You can work on schedule, as well as the simultaneous attack of several sites.

    On average the data, ordered the site falls within 5 minutes after the start. As a demonstration of our capabilities, allows screening.

    Our prices

    24 hours of attack – $ 70
    12 hours of the attack – $ 50
    1 hour attack – $ 25

    Contact via ICQ: 588 666 582

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s