Yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Seorang teman yang belum pernah punya blog mau membuat blog untuk mendapat uang tambahan. Ia lalu bertanya apa yang sebaiknya atau jangan dilakukan?

Pertama, jangan numpang di penyedia hosting gratis, seperti Blogger dan WordPress. Mengapa? Dengan indekos di sana, blogger tak memiliki kendali penuh atas blog-nya. Kontrol sepenuhnya ada di tangan penyedia hosting. Blogger yang punya hobi mengutak-atik blog jelas tak bisa berkreasi “semau gue”.

Saya bukan hendak mengatakan penyedia hosting gratis itu jelek, karena sebetulnya mereka menyediakan layanan cukup bagus, melainkan lantaran mereka menerapkan beberapa pembatasan. WordPress, contohnya, tak membolehkan “anak kos”-nya memasang iklan (adsense). Ini jelas merugikan blogger yang berniat memperoleh rezeki lewat blog.

Ada ancaman lain. Bayangkan apa yang akan terjadi bila suatu saat mereka tiba-tiba menutup layanan gratisnya ketika seorang blogger justru sedang di puncak popularitas? Blogger memang bisa pindah ke layanan hosting gratis lainnya, tapi langkah ini akan membawa konsekuensi, seperti anjloknya peringkat blog tersebut di mesin pencari seperti Google dan Technorati.

Karena itu, blogger perlu menyewa hosting sendiri. Toh, tarif sewa hosting cenderung menurun tiap tahun. Dengan memiliki “tempat tinggal” sendiri, Anda telah terhindar dari kerumitan di masa datang.

Kedua, buatlah desain blog yang enak dilihat, tak melelahkan mata, dan tak membingungkan pengunjung. Anda bisa memulai dengan memadukan warna-warna terang, membersihkan atau menyederhanakan bagian samping blog (sidebar) hingga tak dipadati gambar dan teks, atau menghapus banner yang tak penting.

Desain memang perlu, tapi tidak penting. Isi blog jauh lebih penting dari segalanya. Pada akhirnya, pengunjung tak datang untuk menikmati desain sebuah blog, tapi mencari informasi, pendapat, atau mengikuti diskusi tentang sebuah tulisan di blog.

Berikutnya, hindarilah semangat nge-blog semata-mata demi uang. Boleh saja sampean mencari peluang mendapatkan uang tambahan atau menjual/memasarkan barang lewat blog–seperti yang dilakukan banyak orang dewasa ini. Sebab, bagi mereka yang cukup lama berlayar di samudra maya ini, memang banyak peluang untuk memperoleh uang dengan gampang.

Namun, peluang itu tak bakal sampean peroleh dengan ongkang-ongkang kaki alias tanpa melakukan apa pun. Sebelumnya, Anda harus bekerja giat, tekun, dan konsisten lebih dulu, terutama pada masa-masa awal nge-blog, biasanya pekan-pekan pertama. Jika tidak, blog Anda hanya akan seperti kuburan.

Berhentilah membuat posting tentang misalnya mesothelioma atau kata kunci apa pun yang bernilai di Google Adsense. Mulailah menulis sesuatu yang benar-benar sampean sukai. Nge-blog-lah dengan passion.

Masih ada beberapa resep lain, tapi terlalu banyak bila ditulis semua di sini. Anda bisa mendiskusikannya lebih lanjut bila punya kesempatan datang di acara Pesta Blogger 2007 yang akan digelar besok di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta.

Saya tunggu Anda di sana.

Iklan
Yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s